Semburan Abu Vulkanik Gunung Raung Masih Berjalan, Raih 2 Km

Semburan Abu Vulkanik Gunung Raung Masih Berjalan, Raih 2 Km

 BANYUWANGI, Bali Mekenyem - Gunung Raung masih menyembur abu vulkanik pada Senin (8/2). Pos Penilaian Gunung Api (PPGA) Raung menulis ketinggian kolom abu vulkanik karena letusan Gunung Raung yang berada antara Banyuwangi, Jember dan Bondowoso, Jawa Timur, itu capai seputar 2.000 mtr. atau 2 km dari pucuk kawah.

"Hasil penilaian kami semenjak Minggu (7/2) malam sampai pagi ini hari, Gunung Raung memang menyembur abu vulkanik, dan ketinggian kolom abu capai seputar 2.000 mtr. dari pucuk kawah," tutur Kepala Pos Penilaian Gunung Api (PPGA) Raung Mukijo, diambil dari Kantor Informasi Di antara.

Awalnya, Minggu (7/2), kolom asap karena letusan Gunung Raung masih capai 1.000 mtr. di atas pucuk kawah. Asap kawah bertekanan kurang kuat sampai sedang teramati warna kelabu dengan intensif sedang sampai tebal.

Hasil dari penilaian petugas PPGA Raung, lanjut ia, kecuali kolom abu vulkanik capai 2.000 mtr. dari pucuk kawah pada Senin (8/2), dari visual nampak refleksi sinar api dari pucuk gunung yang mempunyai ketinggian 3.332 mtr. di permukaan laut (MDPL) itu.

Kata Mukijo, pagi hari ini angin bertiup kurang kuat menuju timur, dan asap kawah teramati warna kelabu dan hitam dengan intensif sedang sampai tebal dengan ketinggian 2.000 mtr. di atas pucuk kawah.

"Arah tebaran abu vulkanik masih sama seperti tempo hari, ke arah timur-tenggara. Kami prediksikan tebaran abu vulkanik di Kecamatan Kota Banyuwangi, Giri, Kalipuro, dan yang lain, sama dengan tempo hari. Pagi hari ini juga di pos penilaian Kecamatan Songgon juga turun abu vulkanik, tetapi tipis," katanya.

Dia menambah, untuk kegempaan tremor menerus atau microtremor, dan terekam dengan amplitudo 3 sampai 16 MM dan masih menguasai 6 MM.

"Warga kami minta tidak melakukan aktivitas dalam radius 2 km dari pusat letusan pucuk kawah Gunung Raung, karena beresiko," katanya.

Pada Minggu (7/2), abu vulkanik letusan Gunung Raung mengguyur beberapa daerah di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu, serta Lapangan terbang Banyuwangi ditutup sementara karena imbas tebaran abu vulkanik karena beresiko untuk penerbangan.

Gunung Raung alami letusan semenjak 20 Januari 2021, dan pada Kamis (21/1), Tubuh Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan rutinitas vulkanik Gunung Raung dinaikkan dari Tingkat I (Normal) jadi Tingkat II (Siaga) sampai sekarang ini.(Balipost)

Admin
Admin Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web kami (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us

Posting Komentar untuk "Semburan Abu Vulkanik Gunung Raung Masih Berjalan, Raih 2 Km"