Kontrasepsi Pil

Kontrasepsi Pil

Kontrasepsi Pil

Terdapat banyak metode yang berbeda dari pengendalian kelahiran, termasuk kontrasepsi hormonal seperti “kontrasepsi pil”. Wanita meminum pil untuk mencegah kehamilan dan jika dikonsumsi sesuai aturannya, 99,9% efektif.

Biasanya seorang wanita menjadi hamil ketika telur dilepaskan dari indung telurnya dan dibuahi oleh sperma pria. Telur yang telah dibuahi menempel pada bagian rahim, di mana ia menerima makanan dan berkembang menjadi bayi. Hormon dalam tubuh wanita mengontrol pelepasan telur dari ovarium (disebut ovulasi) dan mempersiapkan tubuh untuk menerima sel telur yang dibuahi.

Kontrasepsi pil mengandung sejumlah kecil hormon estrogen dan progesteron buatan. Hormon ini bekerja untuk menghambat kerja hormon alami yang nantinya untuk mencegah kehamilan. Kehamilan dicegah oleh kombinasi beberapa faktor. Kontrasepsi hormonal biasanya akan menghentikan tubuh dari berovulasi. Ini juga mengubah lendir serviks untuk mempersulit sperma untuk menemukan telur. Dan juga dapat mencegah kehamilan dengan membuat lapisan rahim agar tidak layak untuk implantasi.

Keuntungan meminum pil KB adalah

  • Mengurangi kehilangan darah ketika menstruasi
  • Mengurangi jerawat dan membuat kulit lebih halus
  • Perbaikan atau tidak adanya PMS (premenstrual syndrome) yang dapat menyebabkan gejala tidak nyaman dan perubahan mood pada hari-hari sebelum menstruasi dimulai.

Sedangkan kerugian dari pil KB adalah:

  • Mual (merasa sakit) dan pendarahan terutama pada bulan-bulan pertama meminum pil
  • Pil dapat menyebabkan penambahan berat badan, perubahan mood atau kehilangan libido pada beberapa wanita.

Masalah kesehatan serius dengan pil KB jarang terjadi. Merokok dapat meningkatkan risiko efek berbahaya. Pil tidak cocok bagi wanita dengan kondisi sebagai berikut:

  • Focal migraine
  • Pernah mengalami pembekuan darah
  • Bermasalah dengan liver
  • Pendarahan pada vagina yang tidak biasa.

Harus diingat untuk meminum satu pil setiap hari, minum pil pada waktu yang sama setiap harinya, jika Anda lupa minum pil, minumlah secepatnya ketika ingat dan minumlah pil berikutnya sesuai waktunya. Kesuburan dapat kembali dan Anda dapat menjadi hamil jika Anda telah lebih dari 24 jam terlambat meminum pil dan Anda berhenti minum kontrasepsi pil serta melakukan hubungan intim tanpa alat kontrasepsi yang lain.

Admin
Admin Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web kami (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us

Posting Komentar untuk "Kontrasepsi Pil"