Keunggulan Kontrasepsi Hormonal

Keunggulan Kontrasepsi Hormonal

Keunggulan Kontrasepsi Hormonal

Kontrasepsi hormonal adalah langkah pengaturan kehamilan yang dikerjakan dengan memengaruhi hormon untuk menahan berlangsungnya ovulasi dan pembuahan. Tipe kontrasepsi hormonal yang biasa dipakai ialah pil KB, implan atau susuk, dan suntik KB, dan cuman dikerjakan pada wanita. Di bawah ini ialah pembahasan berkenaan langkah kerja dan keuntungan kontrasepsi hormonal, selaku tipe kontrasepsi yang tersering dipakai dan efektif.

Proses kontrasepsi hormonal dengan memakai hormon estrogen dan atau progesteron yang dipakai untuk mendesak ovulasi dan menahan implantasi. Dalam alat kontrasepsi hormonal, ke-2 hormon itu bisa dipakai secara gabungan, atau cuman memakai homon progesteron. Hormon progesteron berperan menghalangi berlangsungnya ovulasi (pematangan dan pelepasan sel telur yang siap dibuahi), hingga badan menduga terjadi kehamilan dan tidak ada pembuahan. Hormon progesteron berperan mengentalkan cairan pada serviks hingga susah ditembus oleh sperma. Sedang hormon estrogen berperan jaga konsistensi dinding kandungan dan menjaga kedisiplinan transisi haid, hingga menghalangi berlangsungnya pembuahan sel telur.

Apa keuntungan kontrasepsi hormonal? Kecuali tingkat efektivitas yang tinggi, kontrasepsi hormonal bisa dipakai oleh tiap wanita dalam periode panjang, asal tidak ada pertanda kehamilan. Kontrasepsi hormonal gampang disetop setiap waktu, dan kesuburan selekasnya kembali lagi sesudah pemakaiannya disetop. Pemakaian kontrasepsi hormonal tidak mengusik hubungan seks. Keuntungan yang lain, pemakai kontrasepsi hormonal biasanya akan alami kedisiplinan dalam transisi haid, dan menolong menahan kehamilan ektopik, kanker ovarium, kanker endometrium, kista ovarium, penyakit radang panggul, dan abnormalitas jinak pada payudara.

Tetapi kecuali keunggulan kontrasepsi hormonal, ada banyak efek yang perlu dicurigai, khususnya sebab kontrasepsi ini memengaruhi langkah kerja hormon. Antara efek yang kerap berlangsung diantaranya ialah peningkatan berat tubuh, buah dada jadi membesar dan ngilu jika disentuh, atau masalah skema haid. Disamping itu ada efek yang jarang ada, seperti perombakan selera makan, stres, mual, kenaikan tekanan darah, atau kegundahan yang terlalu berlebih. Kontrasepsi hormonal dapat memacu reaksi dengan beberapa obat spesifik, hingga untuk memakai kontrasepsi ini harus dengan kesepakatan dokter kandung.

Admin
Admin Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web kami (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us

Posting Komentar untuk "Keunggulan Kontrasepsi Hormonal"