Apa Itu Umbul-Umbul

Apa Itu Umbul -Umbul

 Umbul-umbul yaitu bendera beragam warna yang terpasang memanjang ke atas dan meruncing pada ujungnya, terpasang untuk menyemarakkan situasi dan mengundang perhatian.

Umbul-umbul dipakai dalam budaya tradisionil Jawa dan Bali, Indonesia di mana penempatan umbul umbul itu dilaksanakan bila ada aktivitas besar. Disamping itu Umbul-umbul dipakai untuk maksud dekorasi yang lain dan dipakai untuk media advertensi karena mengundang perhatian.

Umbul-umbul berupa bendera dengan lebar sempit, dan memiliki panjang empat sampai lima mtr. meruncing ke atas. Umbul umbul menempel dengan sisi panjang tiang bambu, atas dibengkokkan ke bawah.

Umbul-umbul tradisionil di Jawa dan Bali umumnya berupa meliuk, karena ditancapkan pada tiang bambu yang lentur hingga kerap berayun seperti embusan angin. Umbul-umbul tradisionil serupa dengan penjor Bali, yang umumnya terpasang menyongsong hari raya Galungan. Penjor ialah tiang bambu meliuk yang dihias anyaman janur, daun kelapa muda yang bahan pengerjaan kulit ketupat. Sisi ujung umbul-umbul tradisionil kerap dihias dengan anyaman janur. Sementara umbul-umbul kekinian umumnya terpasang pada tiang logam yang lempeng atau tiang bendera.

Di Bali Umbul-umbul yaitu lambang kedatangan beberapa dewa dan adalah komponen penting dari perayaan, upacara dan festival Hindu yang bisa diketemukan nyaris di semua pura.

Admin
Admin Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web kami (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us

Posting Komentar untuk "Apa Itu Umbul-Umbul"