Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Program Bayi Tabung Bagi Calon Ibu

Bayi Tabung

Bayi Tabung

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memutuskan Untuk Bayi Tabung merupakan sesuatu yang harus benar-benar dipertimbangkan bagi seorang ibu yang sudah tidak dapat memiliki keturunan secara langsung. Keinginan untuk menggendong seorang buah hati tentu saja menjadi salah satu tujuan utama dari sebuah pernikahan.

Jika sepasang suami istri tidak memiliki seorang keturunan maka adopsi atau bayi tabung merupakan alternative yang bisa mereka pilih. Kebanyakan pasangan tentu saja ingin memiliki seorang keturunan asli dari darah daging mereka, bukan seorang anak adopsi. Karena itulah alternatif bayi tabung sering dipilih sebagai jalan keluar.

Mengenal Bayi Tabung

Bayi tabung merupakan proses pembuahan secara buatan secara medis yang dilakukan terhadap pasangan atau calon ibu yang kesulitan dalam melakukan pembuahan secara alami, sehingga pembuahan itu harus dilakukan diluar rahim sebelum akhirnya ditempatkan pada rahim seorang calon ibu. Biasanya pasangan yang memutuskan untuk melakukan bayi tabung karena adanya kesulitan dalam mendapatkan keturunan secara normal yang disebabkan karena adanya hal-hal tertentu, semisal kemandulan.

Karena itulah diperlukan sebuah proses buatan untuk membantu pasangan-pasangan yang kesulitan mendapatkan keturunan secara alami dengan diadakannya proses bayi tabung tersebut. Proses bayi tabung sebenarnya sudah ada sejak lama, namun proses ini jarang diketahui oleh masyarakat umum. Selain itu proses bayi tabung juga memerlukan berbagai persiapan khusus serta biaya yang relatif besar.

Persiapan Saat Akan Melakukan Bayi Tabung

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memutuskan Untuk Bayi Tabung adalah sebagai berikut:

  • Kedua pasangan sebaiknya saling menyiapkan diri dari segi fisik dan psikis. Untuk lebih memantapkan persiapan mental, pasangan dapat meminta bantuan pakar konseling atau semacamnya.
  • Jika kedua pasangan telah yakin dan mantap maka dokter biasanya dokter yang bersangkutan akan melakukan beberapa observasi terhadap kedua pasangan tersebut guna kelancaran proses bayi tabung yang akan dijalankan.
  • Jika ternyata ditemukan kelainan medis pada salah satu pasangan atau pada keduanya maka terlebih dahulu akan dilakukan terapi oleh pihak rumah sakit guna memperkecil terjadinya resiko kegagalan saat proses bayi tabung dijalankan.
  • Dengan adanya persiapan mental yang baik maka diharapkan akan dihasilkan pula sel ovum dan sel sperma yang baik, sehingga kemungkinan keberhasilan bayi tabung akan lebih besar.
  • Jika ovum dan sperma yang baik sudah didapatkan maka pembuahan dapat dilakukan. Namun sebelum proses ini biasanya sperma dari pasangan lelaki akan dibekukan terlebih dulu sehingga dihasilkan embrio terbaik untuk dilakukan pembuahan.
  • Embrio yang terbaik yang telah dipilih sebelumnya kemudian akan dimasukkan kedalam rahim calon ibu.
  • Jika embrio telah ada di dalam rahim calon ibu maka calon ibu tersebut akan mendapatkan suntikan hormone guna memperkuat embrio yang ada didalam rahimnya. Sekitar 3 minggu kemudian akan diketahui hasil dari proses tersebut apakah sang calon ibu berhasil hamil atau tidak.

Itulah Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memutuskan Untuk Bayi Tabung oleh kedua pasangan, jika hal tersebut diperhatikan dan dilakukan dengan baik maka proses bayi tabung akan berjalan dengan lancar.

Admin
Admin Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web kami (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us

Posting Komentar untuk "Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Program Bayi Tabung Bagi Calon Ibu"