Godaan Bayi Yang Baru Lahir Menurut Hindu

Godaan Bayi Yang Baru Lahir

Godaan Bayi Baru Lahir

Begitu bayi lahir, karena itu usia satu minggu pertama akan tiba beberapa dewa, yang diutus Shang Hyang Siwa untuk memikat bayi. Dalam tuntunan agama Hindu, Dewa Siwa ialah dewa pelebur, bekerja menyatu segala hal yang telah kedaluwarsa dan tidak pantas ada di dunia fana kembali hingga harus dibalikkan ke aslinya.

Malam yang tiba pertama ialah Bhatara Khala, berbentuk asu ajag hadirnya waktu pada matahari tenggelam, kode khala. Tiba menjilati sang bayi, jika bayi kaget ia akan menangis/karuan alias kakab-kakab.

Malam ke-2 , tiba Bhatara Brahma, berbentuk Sapi, memikat dan menjilat-jilat bayi di saat seluruh orang sedang tidur. Jika bayi kaget karena itu ia akan menangis.

Malam ke-3 , tiba Bhatara Wisnu, berbentuk celeng memikat bayi. Hadirnya di saat larut malam, lalu menjilat-jilati bayi, jika sang bayi kaget dan takut ia akan menangis.

Malam ke-4 - petang bengi - tiba Bhatara Guru berbentuk burung perkutut. Seterusnya secara berturut ikut tiba Bhatara Mahadewa berbentuk kambing. Bhatara Yama berbentuk shanggira. Bhatara Kuwera berbentuk tikus. Bhatara Pritanjala berbentuk burung emprit. Bhatara Langsur berbentuk manjangan. Bhatara Ludra berbentuk sapi nandini. Bhatara Surya berbentuk ular, dan Bhatara Chandra berbentuk kucing.

Tetapi jika sang bayi tidak takut, tidak kaget, atau malahan suka di goda dan dijilati oleh binatang binatang itu barusan, karena itu ia akan tersenyum-senyum, ketawa tawa, atau bicara sendiran.

Sesudah kepus udel, kepus puser atau satu minggu sesudah kelahirannya sang bayi, akan semakin besar kembali godaanya. Sebab bukan beberapa dewa kembali yang tiba, tetapi beberapa lelembut, arwah lembut, wong kabur, gumatat gumatit. Tetapi tidak boleh takut dahulu, sebab yang tiba itu, tidak lain ialah perwujudan si catur sanak sang bayi sendiri. Misalnya :

  • Kutilapas kethek (lutung) perwujudan dari buntel/lamas
  • Celeng demalung perwujudan dari yeh nyom/ketuban
  • Asu ajeg perwujudan dari ari ari
  • Kalasrenggi (banteng) perwujudan dari getih/darah
  • Kalamurti (kebo) perwujudan dari puser/udel
  • Kalarandin (menjangan) perwujudan dari ilu/idu/air liu
  • Kralawelakas (kidang) perwujudan dari kunir/kunyit
  • Tikus jinada perwujudan dari ceplekaning ari-ari
  • Taliwangke perwujudan dari ususing ari-ari

Demikianlah ada seorang bayi atau rare, mulai kelahirannya sampai tutug kambuhan,bulan pitung dina atau 42 hari, akan di goda oleh beberapa dewa dan saudara-saudaranya. Ini sebaiknya tidak membuat anda bingung dan takut.

sumber: Artikel ini di salin dari Buku Kanda Empat Sari Oleh Mangku Alit Pekandelan dan Drs. I Wayan Yendra.

Admin
Admin Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web kami (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us

Posting Komentar untuk "Godaan Bayi Yang Baru Lahir Menurut Hindu"