Besar untuk Masa Kehamilan Apakah Itu?

Besar untuk Masa Kehamilan Apakah Itu?

 Besar untuk masa kehamilan apakah itu? Bayi yang disebut Besar untuk Masa Kehamilan (BMK) atau Large for Gestational Age (LGA) adalah sebutan untuk bayi yang lahir dengan berat 90% lebih besar dari bayi lain yang lahir pada usia kehamilan sama. Misalnya, jika bayi lahir pada 37 minggu memiliki berat lebih dari 10 kilogram, maka bayi tersebut tergolong BMK. Karena ukuran bayi yang tergolong besar, mempengaruhi proses persalinan, agar tidak membahayakan jiwa bayi maupun ibunya, pilihannya adalah bedah caesar.

Diabetes pada ibu adalah penyebab paling umum untuk bayi baru lahir yang BMK. Wanita yang mengalami obesitas atau yang sebelumnya telah memiliki bayi yang besar juga berisiko memiliki bayi lahir BMK pada kelahiran berikutnya. Bisa juga karena faktor genetik, seperti Beckwith-Wiedemann syndrome atau sindrom “Sotos” yang terbilang langka.

Pada dasarnya pertumbuhan berlebihan dari janin bervariasi tetapi terutama merupakan hasil dari kelimpahan nutrisi. Pada wanita hamil dengan diabetes, sejumlah besar gula (glukosa) melintasi plasenta dan menghasilkan glukosa tingkat tinggi dalam darah janin. Tingginya tingkat glukosa memicu pelepasan peningkatan jumlah insulin dari pankreas janin, sehingga percepatan pertumbuhan janin, termasuk hampir semua organ kecuali otak, yang tumbuh normal.

Komplikasi besar untuk masa kehamilan apakah itu? Komplikasi umum bagi bayi dengan BMK misalnya kelebihan jumlah sel darah merah (polisitemia), ditandai dengan warna kulit kemerahan karena terlalu banyak sel darah merah yang diproduksi. Sel darah merah ini kemudian dipecah sehingga terbentuklah bilirubin. Jika tak disertai nutrisi yang baik, muncullah penyakit kuning atau jaundice. Bayi BMK juga berisiko memiliki kadar gula darah rendah (hipoglikemia), ditandai dengan penampakan bayi yang lesu, lemas, gelisah, dan tidak menyusu dengan semangat pada beberapa hari pertama. Selain itu, bayi BMK juga mungkin memiliki masalah tertundanya perkembangan paru-paru dan berisiko tinggi cedera ketika persalinan. Setiap bayi akan dilakukan pemeriksaan  kesehatan ketika lahir, untuk menjaga kesehatan bayi.

Membaca informasi besar untuk masa kehamilan apakah itu? Tentunya timbul pertanyaan selanjutnya bagaimana cara menghindari besar untuk masa kehamilan. Ibu dengan diabetes atau obesitas harus menjaga ketat asupan makanan dan rajin kontrol ke dokter untuk memantau perkembangan janin. Selain itu, olahraga dan pola tidur juga diperlukan agar janin senantiasa sehat.

Admin
Admin Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web kami (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us

Posting Komentar untuk "Besar untuk Masa Kehamilan Apakah Itu?"