Berbahayakah Soda Bagi Ibu Hamil?

Berbahayakah Soda Bagi Ibu Hamil?

 Berbahayakah Soda Bagi Ibu Hamil?

Ada beberapa pantangan yang harus dijalani oleh ibu hamil, selain harus menghindari minuman dengan kandungan alkohol dan kafein, ternyata minuman dengan soda juga harus dihindari. Berbahayakah soda bagi ibu hamil? Apa yang membuat soda berbahaya bagi ibu hamil?

Memang terjadi perdebatan antara boleh dan tidak boleh ibu hamil mengkonsumsi soda, salah satunya adalah karena kandungan pemanis yang dimiliki oleh soda. Sayangnya pemanis itulah yang menjadi fokus pembahasan, dimana pemanis yang digunakan banyak yang merupakan pemanis buatan yang jelas berbahaya bagi ibu hamil. Namun, ternyata selain pemanis buatan yang digunakan, minuman bersodapun mengandung kafein yang juga berbahaya bagi ibu hamil.

Beberapa pemanis buatan memang belum dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai dampak apa yang bisa ditimbulkannya, namun minuman soda yang mengandung kafein jelas menjadi salah satu alasan lain yang membuat minuman ini dianggap berbahaya bagi ibu hamil.

Pemanis buatan yang terkandung dalam soda dan dilarang seperti dikutip Babymed adalah Aspartam, sakarin, dan sucralose. Pemanis ini dikenal dengan nama NutraSweet dan telah lama beredar. Dampak yang ditimbulkan jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan bisa membahayakan. Pemanis kedua adalah sakarin. Pemanis ini jika dikonsumsi bisa menyebabkan bayi lahir cacat. Pemanis yang ketiga adalah Sucralose, pemanis ini belum dilakukan penelitian mengenai dampaknya sehingga masih dianggap cukup aman, namun tetap untuk ibu hamil soda akhirnya memang menjadi salah satu minuman dalam list pantangan untuk menghindari dampak negatif pada ibu hamil dan janin. Kadar pemanis yang membuat kandungan gulanya menjadi tinggi dan bisa menyebabkan bayi yang dikandung overweight.

Resiko konsumsi soda bagi ibu hamil mengerucut pada beberapa hal:

  1. Obesitas pada ibu dan janin.
  2. Kandungan gula berlebih akan menimbulkan penyakit diabetes.
  3. Kandungan kafein pada minuman bersoda bisa mencetuskan hipertensi.
  4. Soda mampu melemahkan kekebalan tubuh ibu hamil dan bayi yang dikandungnya.
  5. Kadar asam pada minuman bersoda mencetuskan kerapuhan tulang atau osteoporosis.

Jadi menurut Anda berbahayakah soda bagi ibu hamil? Ya!

Admin
Admin Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web kami (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us

Posting Komentar untuk "Berbahayakah Soda Bagi Ibu Hamil?"