Cara Membuat Banten Bayuan

banten-bayuan

Banten Bayuan

 Di sini admin akan mengulas mengenai Banten Bayuan. Banten adalah fasilitas persembahyangan yang dipersembahkan ke Ida Sang Hyang Widhi sebagai perkataan atau pernyataan rasa terima kasih atas semua karunia yang diberikan pada kita.Bayuan berawal dari kata bayu atau tenaga (kemampuan/spirit). Jadi Banten Bayuan adalah persembahan yang memberi kemampuan atau spirit jasmani rohani ,baik pemikiran,pengucapan atau tindakan di kehidupan.

Adapun isi dari Banten Bayuan itu seperti berikut :

  1. Aledan atau daun yang berperan sebagai alas atau landasan Bhakti kita ke Ida Sang Hyang Widhi.
  2. Pisang berperan sebagai keseriusan kita memuja Ida Sang Hyang Widhi.
  3. Buah-buahan perannya untuk kembalikan elemen alami ke yang memiliki hak hingga keserasian dan kesetimbangan alam selalu terlindungi.
  4. Jajan berawal dari kata jaja maknanya dada yang tujuannya ialah persiapan batin untuk pahami,untuk tulus dan suci.

Canang sebagai lambang rasa sukur dan bhakti dan perjuangan hidup manusia dengan selalu meminta kontribusi dan pelindungan dari Ida Sang Hyang Widhi.

Beberapa bagian isi canang :

  1. Jejaitan menyimbolkan kekuatan atau kelanggengan umat manusia.
  2. Porosan menyimbolkan Ida Sang Hyang Widhi dalam manifestasinya sebagai Tri Murti. Porosan terbagi dalam pinang sebagai bentuk memuja Dewa Brahma,kapur sebagai bentuk memuja Dewa Siwa,sirih sebagai bentuk memuja Dewa Wisnu.
  3. Daun pandan atau samsam sebagai aroma.
  4. Bunga sebagai simbol keikhlasan persembahan.
  5. Uras sari sebagai permintaan ke Ida Sang Hyang Widhi dan adalah wujud simpel dari Swastika.
  6. Bija atau wija sebagai lambang kesucian.

Admin
Admin Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web kami (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Banten Bayuan"