20 Pantangan Ibu Hamil yang Perlu Diwaspadai

20 Pantangan Ibu Hamil yang Perlu Diwaspadai

Pantangan Ibu Hamil yang Perlu Diwaspadai

Ada larangan ibu hamil yang jangan dikerjakan sebab bisa mengusik perkembangan janin. Banyak larangan membuat ibu hamil bingung dan kuatir. apa yang bisa dan yang jangan dikerjakan waktu hamil. Apa larangan ibu hamil itu?

Larangan Ibu Hamil – Rutinitas yang Seharusnya Dijauhi

1. Melukis

Untuk yang hoby melukis, rutinitas ini dapat terus dikerjakan saat lagi hamil. Tetapi, tidak boleh kelamaan atau terlalu berlebih, misalkan sejauh hari. Cukup 1-2 jam tiap hari. Yang dicemaskan sepanjang melukis berbau cat bisa terisap dalam kurun waktu lama. Sebab sejumlah besar tipe cat memiliki kandungan bahan kimia. "Karenanya seharusnya melukis dikerjakan di ruangan terbuka untuk kurangi terpampang kelamaan dengan cat," anjuran Ovy.

2. Hubungan seksual

Orgasme dapat mengakibatkan keguguran di umur kehamilan muda dan mengakibatkan persalinan di umur kehamilan lanjut. Tetapi, hal itu tidak bisa dibuktikan pada kehamilan normal. "Jadi, rutinitas ini sah-sah saja dikerjakan. Selama tidak ada tanda-tanda abnormalitas pada kehamilannya, seumpama letak ari-ari di bawah atau perdarahan," kata Ovy.

3. Olahraga

Jika Anda teratur dan suka olahraga, saat hamil juga bisa diteruskan. Namun olahraga yang dikerjakan bukan yang beresiko dan beresiko, seperti balapan mobil, naik kuda, lompat, arung beberapaya, dan jeram. Tetapi, lakukan olahraga enteng sepanjang 5-30 menit, misalkan jalan pagi, senam berenang, atau enteng.

Jalan adalah olahraga paling aman saat hamil. Berenang juga terhitung olahraga yang kecil resikonya dan bisa dikerjakan sejauh umur kehamilan. Berenang bisa membuat punggung berasa nyaman dan badan jadi enteng, sebab terlepas dari gravitasi.

4. Naik pesawat

Ibu hamil bisa naik pesawat saat sebelum umur kehamilan 7 bulan.

Sebenarnya bayi dalam kandung tidak memiliki masalah dengan ketinggian dan ketidaksamaan desakan udara. Bila mau tak mau dan pengin nyaman di pesawat, seharusnya duduk di tepi "gang" supaya gampang jika ingin ke kamar kecil. Pakai juga tali pengaman supaya duduk nyaman, dan pakai penyangga kaki supaya tidak memunculkan lebam dan bantal kecil ada di belakang punggung.

Melancong dengan pesawat benar-benar beresiko tinggi. Jika keadaan udara jelek, lalu ibu jadi stres. Ibu dapat kekurangan oksigen dan alami sesak napas. Sesaat bayi dalam kandung memerlukan oksigen. Jika ini berlangsung di trimester akhir, karena itu dapat berlangsung persalinan prematur atau bayi wafat dalam kandung.

5. Merokok

Larangan ibu hamil yang selanjutnya ialah merokok waktu hamil.

Ibu hamil perokok menyebabkan bayi mendapatkan darah melalui plasenta semakin sedikit, hingga zat asam dalam darahnya sedikit. Mengakibatkan berat tubuh bayi juga lebih rendah dibandingkan bayi dari ibu tidak merokok. Jadi, saat hamil bahkan juga jauh saat sebelum hamil, aktivitas yang tidak berguna ini seharusnya disetop!

6. Rontgen

Seluruh wujud radiasi mempunyai potensi mencelakakan perubahan janin sebab janin sedang dalam perkembangan.

Seluruh tipe radiasi bisa mengacau perubahan sel. Hingga berlangsung perubahan sel yang dapat berkembang menuju kanker, beberapaya dan cacat. Jika dibutuhkan rontgen, sebagaimana untuk mengenali patah tulang atau rontgen gigi, seharusnya ucapkan pada dokter jika Anda tengah hamil.

7. Sauna

Pada periode kehamilan, aktivitas ini benar-benar tidak membahagiakan. Apa lagi dikerjakan dalam ruangan tertutup dan udara yang panas. Wanita hamil banyak alami evaporasi dari badannya dengan biasanya berkeringat, hingga ini terhitung ke dalam larangan waktu hamil.

8. Mandi malam

Jika tidak mandi, dapat muncul jamur sebab wanita hamil banyak berkeringat. Jadi, bisa saja mandi malam hari, asal tidak sampai menggigil kedinginan. Jika tidak mau mandi, minimum membersihkan dengan waslap, bersihkan wilayah kemaluan, bersihkan wilayah lipatan kulit.

9. Bekerja di muka computer

Radiasi computer dapat disebutkan kecil sekali. Jadi, ibu hamil bisa saja bekerja di muka computer selama tidak begitu lama. Lihat juga sikap badan, supaya tidak tampil keluh kesah sakit punggung. Coba sekerap kemungkinan untuk bergerak. Seharusnya tiap 1-2 jam Anda lakukan aktivitas lain, seperti jalanan sesaat atau gerakkan anggota tubuh.

10. Berkendara

Jika kehamilan tidak memiliki masalah, Anda dibolehkan mengemudi. Tetapi, lihat lama berkendara dan jarak. Sering-seringlah mengganti status untuk mengendorkan otot-otot kaki. Tidak boleh tunda kemauan buang air kecil sebab begitu asyik mengemudi.

Masuk trimester ke-3 kehamilan, Anda membutuhkan seorang sopir. Perut yang jadi membesar akan mempersulit Anda berkendara dengan baik. Disamping itu, menghindar peluang yang tidak diharapkan, misalkan berlangsung kontraksi saat sedang mengemudi.

11. Diet

Diet termasuk larangan ibu hamil sebab tidak baik untuk keadaan bayi dan ibu. Dampak diet waktu hamil dapat memunculkan kurangnya vitamin, mineral dan bahan makanan lain. Diet cuman bisa dikerjakan atas kesepakatan dokter.

Beberapa ibu hamil malah disarankan diet berbahan makanan spesifik. Maksudnya, sudah pasti bukan turunkan berat tubuh, tetapi supaya berat tubuh ibu tidak makin bertambah secara berlebihan.

Peningkatan berat tubuh normal saat lagi hamil tidak lebih dari dua kg sebulan. Jika memang perlu turunkan tipe makanan spesifik yang bisa menambahkan berat tubuh berlebihan, seperti cake, tart, biskuit, makanan banyak mengandung lemak dan manis-manis.

12. Cat

Jauhilah contact langsung dengan cat, sekalinya cuman mengisap berbau thinner-nya. Sebab zat yang ada dalam cat dapat masuk di dalam badan. Tidaklah aneh jika ada orang yang berasa pusing sesudah menghirup baunya, apa lagi untuk wanita hamil. Benar-benar belum tahu tentu apa bahan cat dapat beresiko untuk perubahan tidak atau janin. Tetapi, penjagaan pasti terus lebih bagus, kan?

13. Bahan pencuci dan pengkilap

Bahan pencuci memiliki kandungan beberapa bahan kimia yang bisa diserap melalui kulit dan masuk di dalam saluran darah di mana janin sedang berkembang. Jadi, jauhi contact langsung dengan kulit. Seharusnya pakai sarung tangan bila mewajibkan ibu hamil memakai bahan pengkilap atau pencuci.

12. Bahan warna rambut

Benar-benar tidak ada bukti yang memperlihatkan beberapa bahan kimia dalam bahan warna rambut beresiko untuk janin. Di lain sisi, bahan warna rambut juga tidak bisa dibuktikan aman sama sekali. Jadi, seharusnya untuk saat ini tundalah kemauan untuk mengecat rambut.

13. Kosmetik

Sebenarnya kosmetik memiliki kandungan bahan kimia, walau banyaknya benar-benar sedikit. Kandung merkuri dalam kosmetik dijumpai beresiko untuk janin. Karenanya, tanyakan pada pakar kosmetik, produk apa yang aman buat ibu hamil.

14. Stoking

Larangan ibu hamil setelah itu jauhi penggunaan stoking.

Tidak boleh batasi peredaran darah di kaki sepanjang kehamilan, sebab bisa memunculkan bengkak. Jadi, tidak boleh pakai stoking yang membuntel kaki dengan ketat.

Seharusnya pakailah stoking berbahan lunak jika Anda berasa perlu menggunakannya untuk jaga keelokan dan kehangatan di ruangan ber-AC. Pasien varises dapat terus memakai stoking spesial varises.

15. Sepatu

Penyeleksian sepatu saat kehamilan lebih dari keamanan dan kenyamanan. Badan alami perombakan karena itu penting untuk menghindar sepatu yang akan memberatkan sisi punggung bawah dan otot-otot kaki. Seperti sepatu memiliki hak tinggi dapat beresiko tergelincir, kaki terkilir dan jatuh.

Sama seperti dengan sepatu bertumit rata yang lebih dicintai, harus juga mendukung kaki dengan baik. Jauhi juga yang bisa mengakibatkan Anda terpeleset atau jatuh. Saat beli sepatu ukuran sedikit semakin besar dari umumnya, selaku mengantisipasi kaki yang membesar yang biasa berlangsung saat kehamilan.

16. Alkohol

Seharusnya tidak konsumsi alkohol benar-benar waktu hamil. Jika wanita senang minuman mengandung alkohol harus disetop saat sebelum kehamilan terjadi. Tidak ada tingkat penggunaan alkohol yang aman saat kehamilan.

Minuman mengandung alkohol itu akan masuk di pada darah bayi lewat darah ibunya. Sesaat hati janin belum berperan optimal, karena itu alkohol tetap tersebar dalam darah.

Pada wanita yang minum alkohol dengan jumlah terlalu berlebih, sejumlah besar akan beresiko pada bayi. Alkohol dapat menghalangi perkembangan fisik, otak dan lain-lain hingga bayi lahir dengan cacat fisik, kerusakan retardasi psikis dan jantung.

Walau ada ibu yang menjelaskan, "Saya minum alkohol, anak saya tidak apa-apa, kok." Tetapi, seluruh riset memperlihatkan angka peristiwa perkembangan janin terhalang semakin lebih tinggi pada bayi dengan ibu yang minuman beralkohol. Jadi, karakternya tidak kausatif tetapi bisingo.

17. Daging 1/2 masak

Larangan ibu hamil ialah tidak boleh konsumsi daging mentah atau daging 1/2 matang.

Daging seharusnya diproses sampai masak sebab bahan makanan berawal dari hewan dapat memiliki kandungan bakteri, parasit, protozoa serta bermacam tipe cacing. Pada telur 1/2 masak juga dapat diketemukan salmonela yang bisa menyebabkan penyakit tifus.

Bahan makanan yang memiliki kandungan kuman itu dapat masuk ke darah ibu dan mengakibatkan infeksi, misalkan, toksoplasma. Seluruh infeksi pada ibu hamil mengakibatkan masalah pada bayi. Untuk mengenalinya dikerjakan pengecekan darah. Jika Anda terkena, dokter akan lakukan yang terhebat untuk Anda.

18. Pil KB

Waktu belum mengetahui Anda hamil, mungkin konsumsi pil KB. Tidak perlu begitu cemas, sebab pil KB tidak langsung mengakibatkan dampak pada janin, misalkan bayi cacat.

Apalagi, hormon-hormon sintetis dalam pil KB hampir serupa dengan hormon-hormon alami yang dibuat badan. Tetapi, selekasnya hentikan sesudah sadar diri Anda hamil.

19. Cafein

Minuman mengandung kafein waktu hamil bisa saja, seandainya minum kopi tidak berlebihan.

Harus diingat, cafein adalah satu perangsang yang punya pengaruh dan dapat tingkatkan produksi hormon stres. Kenaikan ini mengakibatkan menyusutnya saluran darah ke kandungan dan menyusutnya oksigen capai janin. Jadi, konsumsi cafein dengan jumlah yang banyak tidak baik untuk A bayi dan nda.

minum teh dianjurkan tidak bersamaan dengan vitamin atau makanan yang memiliki kandungan zat besi. Teh akan menghalangi peresapan zat besi.

20. Obat penurun sakit

Larangan ibu hamil yang paling akhir ialah janganlah minum obat asal-asalan!

Bukan bermakna jika sakit jangan minum obat. Terus tanyakan sama dokter kandung jika Anda akan konsumsi beberapa obat spesifik. Atau, berikan tahukan dokter jika Anda sedang hamil, hingga dia akan tuliskan resep obat yang aman untuk ibu hamil.

Admin
Admin Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web kami (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us

Posting Komentar untuk "20 Pantangan Ibu Hamil yang Perlu Diwaspadai"