PURA GUNUNG KAWI SEBATU

pura-gunung-kawi-sebatu

PURA GUNUNG KAWI SEBATU

Ada 3 pura namanya Gunung Kawi di Bali, kebenaran semua ada di kabupaten Gianyar. Seperti Pura Gunung Kawi Terlihat Siring, Pura Gunung Kawi Sebatu adalah objek rekreasi yang populer. Berarti, kehadirannya bukan hanya memikat beberapa pencarian Hyang Widhi dan juga beberapa pelancong umum dari luar negeri dan dalam.

Pura Gunung Kawi Sebatu berada di banjar Sebatu, dusun Sebatu, kecamatan Tegallalang, kabupaten Gianyar, dikitari oleh aktivitas seni dan pariwisata yang cukup ramai. Pura ini kaya sekali sama air, sumber air, kolam air, semua diatur secara benar-benar artistik untuk memulyakan anugrah Hyang Widi dalam manifestasinya selaku Hyang Wisnu. Area pekarangan pura benar-benar cantik dan luas dan komplet, ada wantilan yang lumayan besar, tempat istirahat, peturasan yang cukup ideal, ada juga beberapa ekor binatang peliharaan. Taman dan kolam ikan dengan ikan-ikannya yang sangat besar benar-benar terurus. Untuk pengunjung rekreasi dikenai pungutan ticket beberapa ribu rupiah. Tidak ada pungutan untuk pengunjung yang beribadat. Pengunjung diperbedakan dengan bawaannya dan baju. Tidak ada kelirunya jika semeton sekalian beribadat bawa camera atau cam-corder sebab banyak objek yang paling cantik untuk konsumsi lensa.

Riwayat pura ini kerap dihubung-hubungkan dengan kehadiran Raja Mayadenawa dan kekuasaannya yang lalim. Entahlah bagaimana kebenarannya, tidak ada riset yang bisa jadi bahan pengetahuan yang berharga. Sangat sayang kan?

Walau sebenarnya situasi keramat pura ini benar-benar bagus untuk menjalankan bakti dan puja ke Tuhan. Di saat pura ini bebas dari pelancong, berasa udara dan perbawa aura-aura suci yang paling kental. Sering beberapa menit beralih menjadi bisikan dan panggilan terima kasih sebab sudah bertandang bawa sinyal bakti dan kasih. Gampang sekali dirasa, bahkan juga oleh pengheningcipta skala pemula. Lokasi yang sangat bagus untuk latih kesensitifan mata niskala. Lemparkan rasa kasih dan penyerahan diri karena itu secara spontan akan dibalikkan berlipat ganda.

Jangan kaget jika kita mendapati aura suci dari beberapa tokoh arif tidak saja dari Bali dan juga dari Jawa, seperti pujangga besar Ronggowarsito, kanjeng Pangeran Diponegoro dan banyak figur yang kabarnya dimakamkan di Imogiri.

Letak Pura

Pura Tirta Dawa Gunung Kawi Sebatu berada di banjar Sebatu, dusun Sebatu, kecamatan Tegallalang, kabupaten Gianyar. lokasi

Piodalan / Pujawali / Patoyan

Pujawali diselenggarakan setiap Purnama sasih Kasa.

Admin
Admin Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web kami (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us

Posting Komentar untuk " PURA GUNUNG KAWI SEBATU"