Dewata Nawa Sanga Adalah Sembilan Penguasa Di Setiap Penjuru Mata Angin

 Nawa Dewata atau Dewata Nawa Sanga ialah sembilan penguasa di tiap pelosok mata angin dalam ide agama Hindu Dharma di Bali. Sembilan penguasa itu adalah Dewa Siwa yang dikitari oleh delapan aspeknya. Grafik matahari bergambar Dewata Nawa Sanga diketemukan dalam Surya Majapahit, simbol kerajaan Majapahit.

Bebarapa bagian Nawa Dewata Atau Dewata Nawa Sanga :

Wisnu

Dewa Wisnu adalah penguasa arah utara (Uttara), membawa senjata Chakra Sudarshana, sarananya (kendaraan) Garuda, shaktinya Dewi Sri, aksara sucinya "A", di Bali ia dipuji di Pura Batur.

Sambhu

Dewa Sambhu adalah penguasa arah timur laut (Ersanya), membawa senjata Trisula, sarananya (kendaraan) Wilmana, shaktinya Dewi Mahadewi, aksara sucinya "Wa", di Bali ia dipuji di Pura Besakih.

Iswara

Dewa Iswara adalah penguasa arah timur (Purwa), membawa senjata Bajra, sarananya (kendaraan) gajah, shaktinya Dewi Uma, aksara sucinya "Sa", di Bali ia dipuji di Pura Lempuyang.

Maheswara

Dewa Maheswara adalah penguasa arah tenggara (Gneyan), membawa senjata Dupa, sarananya (kendaraan) merak, shaktinya Dewi Lakshmi, aksara sucinya "Na", di Bali ia dipuji di Pura Goa Lawah.

Brahma

Dewa Brahma adalah penguasa arah selatan (Daksina), membawa senjata Gada, sarananya (kendaraan) angsa, shaktinya Dewi Saraswati, aksara sucinya "Ba", di Bali ia dipuji di Pura Andakasa.

Rudra

Dewa Rudra adalah penguasa arah barat daya (Nairiti), membawa senjata Moksala, sarananya (kendaraan) kerbau, shaktinya Dewi Samodhi/Santani, aksara sucinya "Ma", di Bali ia dipuji di Pura Uluwatu.

Mahadewa

Dewa Mahadewa adalah penguasa arah barat (Pascima), membawa senjata Nagapasa, sarananya (kendaraan) Naga, shaktinya Dewi Sanci, aksara sucinya "Ta", di Bali ia dipuji di Pura Batukaru.

Sangkara

Dewa Sangkara adalah penguasa arah barat laut (Wayabhya), membawa senjata Angkus/Duaja, sarananya (kendaraan) singa, shaktinya Dewi Rodri, aksara sucinya "Sang", di Bali ia dipuji di Pura Pucuk Mangu.

Siwa

Dewa Siwa adalah penguasa arah tengah (Madhya), membawa senjata Padma, sarananya (kendaraan) Lembu Nandini,senjata Padma shaktinya Dewi Durga (Parwati), aksara sucinya "I" dan "Ya", di Bali ia dipuji di Pura Pusering Jagat.

Lebih terang dapat disaksikan pada Gambar Dewata Nawa Sanga Di bawah Ini:

Dewata Nawa Sanga Adalah Sembilan Penguasa Di Setiap Penjuru Mata Angin


Admin
Admin Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web kami (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us

Posting Komentar untuk "Dewata Nawa Sanga Adalah Sembilan Penguasa Di Setiap Penjuru Mata Angin"