Bhakti Pakelem di Segara Batubolong Denpasar dan Segara Rupek Singaraja Bali

Masyarakat Bali khususnya umat hindu hari ini Saniscara Umanis wuku Watugung 27 Februari 2010 akan melaksanakan upacara bhakti pakelem di pantai Batubolong Canggu Badung. Bhakti pakelem dengan tingkatan Mapedudusan Alit, Nyatur Rebah tersebut menggunakan sarana wewalungan kerbau, sapi, kambing, babi, ayam, itik dan angsa.

Rangkaian upacara bhakti pakelem kali ini diawali dengan mengaturkan upakara banten pakelem Padudusan Alit Nyatur Rebah di Pura Dalem Kretti Bhuana (Gedung Pers Bali Ketut Nadha). Prosesi yang dimulai pukul 10.00 wita itu dipuput Ida Pedanda Siwa dari Griya Tampakgangsul Denpasar dan Ida Pedanda Buda dari Griya Tegal, Batuan, Gianyar. Setelah persembahyangan bersama, upacara akan diakhiri dengan ngaturang bhakti pakelem di tengah laut di Segara Batubolong. Upacara di segara akan dilaksanakan sekitar pkl. 13.30 wita. Upacara bhakti pakelem ini akan disiarkan langsung Bali TV.

Sementara itu, upacara bhakti pakelem juga akan dilaksanakan di Segara Rupek Buleleng. Upacara pakelem dengan tingkatan Mapedudusan Alit, Nyatur Rebah akan dilaksanakan Minggu, 28 Februari besok.

Prosesi yang dimulai pukul 10.00 wita di Pura Segara Rupek itu di-puput Ida Pedanda Siwa dari Griya Tampakgangsul Denpasar dan Ida Pedanda Buda dari Geriya Tegal, Batuan, Gianyar. Sumber Bali Post
Admin
Admin Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web kami (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us

Posting Komentar untuk "Bhakti Pakelem di Segara Batubolong Denpasar dan Segara Rupek Singaraja Bali"